Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy Dusun Kedungdung Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan sejak berdiri sampai sekarang telah melewati babak sejarah yang panjang. Pendiri PP. Miftahul Ulum Al-Islamy, KH. Ahmad Dahlan dilahirkan di dusun Anjun Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan pada tahun 1851, beliau menuntut ilmu di Pondok Pesantren Syaikhona Kholil Demangan Bangkalan tahun 1859-1861 kemudian melanjutkan ke pondok pesantren KH. Khozin di desa Panji Buduran Sidoarjo tahun 1861-1866 dan selanjutnya beliau memperdalam ilmunya di Saudi Arabia sampai tahun 1871.

    Sekembali dari Saudi Arabia beliau mendirikan pondok pesantren di Dusun Congaban Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan pada tahun 1871 yang lebih. Pada saat itu sistem pengajaran hanya dilaksanakan dengan sistem sorogan saja. Hingga pada tahun 1962 putera kedua dari KH. Ahmad Dahlan yaitu KH. Khotib Dahlan yang lahir pada tahun 1901 telah kembali dari pendidikannya dari Makkah dan meneruskan perjuangan ayahandanya yang wafat pada tahun 1954.

    Melihat kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks, maka KH. Khotib Dahlan merombak sistem pendidikan di pondok pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy menjadi sistem klasikal, namun demikian belum ada satu kurikulum yang baku. Pada tahun 1958 KH. Khotib Dahlan mendirikan MWB (Madrasah Wajib Belajar) atau Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Al-Islamy. Pada tahun 1967 beliau membuka PGA 4 tahun yang kemudian pada tahun 1973 PGA 4 tahun menjadi 6 tahun dan selanjutnya menjadi Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Al-Islamy. Kemudian pada tahun 1981 PP. Miftahul Ulum Al-Islamy berubah menjadi Yayasan dengan Akte Notaris Goesti Djohan Surabaya Nomor 19 tanggal 9 Nopember 1981.

    Pada tahun 1982 putera bungsu KH. Ahmad Khotib Dahlan dari sebelas bersaudara yaitu KH. Moh. Ilyas Khatib telah kembali dari Makkah. Dengan berbekal ilmu dan pengetahuan yang beliau peroleh, meneruskan perjuangan ayahandanya yang wafat pada tahun 1984. Beliau mulai dengan menyempurnakan sistem pendidikan yang berada pondok pesantren dengan membentuk suatu kurikulum pengajaran yang jelas dan beliau mendirikan Madrasah Diniyah Awaliyah, Madrasah Diniyah I’dadiyah, Madrasah Diniyah Wustho, Madrasah Diniyah Ulya pada tahun 1982 dan Tarbiyatul Muallimin pada tahun 1996. dan pada tanggal 3 Oktober 1991 Beliau menambah pendidikan formal yang ada dengan membuka Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Ulum Al-Islamy.

    Menyadari akan tuntutan zaman yang tidak hanya menuntut pada kemampuan mental spiritual saja melainkan pada ilmu pengatahuan, teknologi dan keterampilan pada tanggal 25 Juli 1999 Yayasan PP. Miftahul Ulum membuka TK, SMP dan SMA. Dan pada tahun 2000 Yayasan membuka Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Miftahul Ulum. Selanjutnya pada tahun 2003 Yayasan mengadakan kerjasama dengan SMK Negeri 2 Bangkalan membuka SMK Al-Khatibiyah.

Untitled Document







Bagaimana tampilan website PP.Miftahul Ulum Al-ISlamy?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Kurang Bagus



Barang yang berjalan demi mencari ilmu maka Allah akan mempermudah jalannya menuju surga

 
Diriwayatkan oleh :
Imam Bukhori
 

Address :

PP. Mifthaul Ulum Al-Islamy
Jl. KH Ahmad Dahlan 474 Patereman Modung
Bangkalan, Jawa Timur 69166
mualis.congaban@gmail.com
(031) 3041-31979